Menkeu: Pertumbuhan Ekonomi 2009 Capai 4,4 Persen

Menkeu: Pertumbuhan Ekonomi 2009 Capai 4,4 Persen

Selasa, 29 Desember 2009 | 15:42 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang akhir tahun, pemerintah optimistis target pertumbuhan ekonomi tahun 2009 ini dapat tercapai sekitar target yang ditetapkan sebesar 4,5 persen. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan, pertumbuhan ekonomi tahun 2009 setidaknya akan mencapai 4,4 persen.
"Untuk kuartal IV kita tetap akan di zone 4,5 persen sehingga overall growth 4,3 hingga 4,4 persen maksimal," ujar Menteri Keuangan di Depkeu, Jakarta, Selasa (29/12/2009).
Menurutnya, pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2009 dipengaruhi oleh beberapa sektor yang mulai tumbuh, seperti sektor perdagangan, telekomunikasi konstruksi, listrik, dan air dibandingkan tiga kuartal sebelumnya pada 2009 ini.
Meski demikian, dia memperkirakan ada tiga industri yang tidak meningkat pada kuartal terakhir tahun ini. Salah satunya, sektor industri manufaktur. "Mungkin sektor industri manufaktur yang tidak akan meningkat cukup takam pada kuartal terkahir ini," kata Menkeu.
Sementara itu, untuk tingkat inflasi secara year on year akan di bawah angka 4 persen. Dia menjelaskan, harga komoditas yang mulai merangkak naik menjadi salah satu faktor terbesar penyumbang inflasi tahun ini.
"Segi faktor penyumbangnya, mungkin dari sisi komoditas, saya lihat mungkin dari sisi faktor makanan yang tetap akan muncul," tuturnya.

ANI / Editor: Edj / Kompas.com

Tidak ada komentar: